MAU SEKOLAH GRATIS ? Kencing aja bayar….

Posted: 3 November 2008 in 1

Tulisan ini saya buat dalam posisi sebagai orang tua siswa yang anaknya baru masuk SMP Negeri 19 di Kota Bandung. Beberapa hari yang lalu, saya diundang dalam rapat orang tua siswa di sekolah tersebut. Yang menarik dalam rapat ini adalah keinginan orang tua siswa agar tidak membayar SPP dan DSP. Telah dijelaskan oleh Kepsek bahwa DSP ditiadakan, tetapi SPP (atau apapun namanya) tetap ada, dan rapat inilah yang akan memutuskan jumlah SPP yang akan dibayarkan. Keinginan kuat untuk gratis (atau mungkin tidak mau bayar) semakin dibingungkan oleh PP 47 dan PP 48.

Saya sendiri bingung, ketika dana BOS tidak mencukupi pembiayaan sekolah dan pemerintah belum merealisasikan dana hibah ke sekolah sebagaimana disebut dalam PP 48/2008 serta orang tua siswa tidak bersedia membayar SPP, lantas bagaimana sekolah bisa berjalan ? Bukankah sekolah harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, dari mulai menggaji petugas keamanan, bayar iuran RT/RW, bayar listrik, bayar telepon, bayar fax, bayar PDAM, biaya ekspedisi surat, beli kapur/spidol, beli ATK, perawatan gedung, perawatan sarana pendidikan, konsumsi rapat, biaya perjalanan dinas, beli obat-obatan UKS, beli air galon, bayar pelatih ekskul, biaya transportasi penataran/workshop guru, beli peralatan, dll.

Saya sengaja tidak mau bicara pada rapat tersebut, karena saya mau menjadi pendengar yang baik. Akhirnya saya sangat mendukung ketika diputuskan SPP sebesar Rp 75.000,- per bulan hingga Desember 2008, dengan asumsi mulai Januari 2009 dana hibah yang dijanjikan PP 48 dapat diperoleh, jika tidak maka siap-siaplah dengan kebangkrutan sekolah.

Keluar dari ruang rapat, seorang ibu orang tua siswa nyeletuk “mau sekolah gratis ? kencing aja bayar….”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s