Hampir Terlupakan, Lantaran UN

Posted: 28 April 2008 in 1

Lantaran sibuk menghadapi Ujian Nasional , saya seperti melupakan blog ini. Tapi setelah UN selesai, saya proritaskan menggarap blog ini lagi di samping saya juga mengelola blog MGMP Geografi Kota Bandung (www.geografika.co.cc).

Cerita tentang UN Geografi. Tadi siang, abis makan siang tentunya, rekan saya guru di salah satu SMA swasta ternama menggerutu, “kalau tau siapa yang bikin soal UN Geografi, saya mau gantung dia….”. Sebelumnya, saya juga sempat bertemu dengan beberapa guru di Kabupaten Bandung, mereka umumnya heran, kok soal geografi kayak gitu….lho. Geografi khan baru di UN kan sekarang, kok soalnya “jaka sembung bawa golok” sih….

Sebelumnya lagi, saya juga baca di kompas.com, beberapa siswa SMA Negeri di Jakarta mengeluhkan hal yang sama. Lho bukankah soalnya dibuat di Jakarta, masa’ sih gak bisa diterawang sedikit pun. Malah ada kawan saya yang juga guru senior di SMA cluster I di Kota Bandung, mencurigai jangan-jangan yang bikin soal bukan orang yang memiliki background geografi, BAHAYA…. !!!

Saya sendiri, juga bertanya kepada siswa saya, soal mana yang dirasakan sulit. Ternyata mereka menjawab, soal-soal yang sulit adalah tentang pemahaman terhadap hubungan antar konsep. Tapi mereka juga protes, “Pak, lihat soalnya, gambar monyet kecil kok besarnya sama dengan gambar gajah, siapa sih yang bikin soal….”

Komentar
  1. bojongfarm mengatakan:

    Salam kenal. Senang sekali bisa nyasar ke situs mgmp kemudian klik ke situs anda. Sayangnya saya hanya alumni saja, tdk menjdi guru spt teman2 dlm sejawat ini. Yg ingin saya tanykan kenapa ya mengirim komentar ke mgmp ga termuat, selalu tunggu moderasi. Mudah2an ke blog anda bisa termuat. Wassalam. Lisfres geo ’82

  2. Lis fres mengatakan:

    Memberi komen kok susah masuknya pak. Moderasinya nunggu online? Akibatnya sepi pengunjung. Atau sengaja pilih2 komen yg masuk sesuai kriteria tertentu. Kalou boleh tahu apa kriterianya agar tdk menjadi spam. Termasuk situs mgmp ke sejawat, ga bisa masuk, pdhal komennya ga ‘aneh2’. Mdh2an koment ini masuk. Saya alumni geo’82

Tinggalkan Balasan

