Pembelajaran yang Menyenangkan

Posted: 22 Februari 2008 in 1

Bobbi Deporter seorang ibu guru dari Amerika Serikat menggambarkan suasana belajar yang menyenangkan, penuh dengan kegembiraan, kegairahan, antusiasme siswa meraih pengetahuan lewat bukunya yang berjudul Quantum Teaching!

 

Bobbi Deporter mendefinisikan Quantum sebagai: Interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Dengan demikian Quantum Teaching (QT) adalah pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar. (dalam konteks islami quantum adalah: bagaimana “menyerap cahaya Allah” – QS:An Nur:35 – “memasukkannya ke dalam qalbu dan mentranfernya kembali ke qalbu para siswa”-achjar.)

 

Bobbi Deporter, menamai Kerangka Belajar dan Mengajar Interaktif

lewat QT dengan: TANDUR, akronim dari:

 

TUMBUHKAN

Tumbuhkan minat belajar siswa dengan memuaskan rasa ingin tahu

siswa dalam bentuk: Apakah Manfaatnya BAgiKu (AMBAK) jika aku

mengikuti topik pelajaran ini dengan guru anu?

Tumbuhkan suasana yang menyenangkan di hati siswa, dalam

suasana relaks, tumbuhkan interaksi dengan siswa, masuklah ke alam

pikiran mereka dan bawalah alam pikiran mereka ke alam pikiran

Anda, yakinkan siswa mengapa harus mempelajari ini dan itu, belajar

adalah suatu kebutuhan siswa, bukan suatu keharusan.

Tumbuhkan NIAT YANG KUAT pada diri Anda bahwa Anda akan

menjadi guru dan pendidik yang hebat. Tumbuhkan strategi mengajar

dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada di dalam kelas, di luar

kelas, di dalam sekolah dan di luar sekolah.

 

ALAMI

Unsur ini mendorong hasrat alami otak untuk “menjelajah”. Cara apa

yang terbaik agar siswa memahami informasi? Kegiatan apa yang

dapat diberikan agar pengetahuan dan ketrampilan yang sudah dimiliki

siswa, misalnya, dapat membuktikan bahwa kuat lemahnya arus listrik

yang mengalir pada penghantar dipengaruhi oleh besarnya perlawanan

(resistance) dari penghantar, luas penampang penghantar dan panjang

penghantar?, bandingkan dengan keausan ban mobil jika dikaitkan

dengan panjang jalan dan kondisi jalan raya. Atau bawa mereka ke

pantai, genggam pasir kwarsa yang ada di pantai, ajukan

pertanyaan:”Mengapa pasir ini ada disini, darimana sesungguhnya

pasir ini berasal!” Seorang anak balita menyentuh ujung obat nyamuk

yang terbakar, “Aww” dia menjerit. Tercipta suatu momen belajar dari

abstrak:”Panas – Jangan Sentuh, menjadi kongkret.

 

Namai

Setelah siswa melalui pengalaman belajar pada topik tertentu, ajak

mereka untuk menulis di kertas, menamai apa saja yang telah mereka

peroleh, apakah itu informasi, rumus, pemikiran, tempat dan

sebagainya, ajak mereka untuk menempelkan nama-nama tersebut di

dinding kelas dan dinding kamar tidurnya.

 

Demontrasikan

Ingatkan Anda ketika pertama kali mengenderai sepeda? Anda

mencoba dan jatuh (ini pengalaman). Anda coba lagi, berhenti,

bertanya, barangkali Anda dapat informasi atau latihan dari saudara,

kakak, atau teman (penamaan). Kemudian Anda benar-benar

mengaitkan pengalaman dan nama dengan cara menunjukkan dan

melakukannya!

Melalui pengalaman belajar siswa mengerti dan mengetahui bahwa dia

memiliki kemampuan (kompetensi) dan informasi (nama) yang cukup,

sudah saatnya dia mendemontrasikan dihadapan guru, teman, maupun

saudara-saudaranya.

 

Ulangi

Pengulangan memperkuat koneksi saraf dan menumbuhkan rasa “Aku

tahu bahwa aku tahu ini!” Pengulangan sebaiknya dilakukan dengan

menggunakan konsep multi kecerdasan (lihat uraian sebelum ini).

 

Rayakan

Perayaan adalah ekspresi atau kelompok seseorang yang telah

berhasil mengerjakan sesuatu tugas atau kewajiban dengan baik.

Umat Islam merayakan Iedul Fitri (kembali suci) karena telah berhasil

mengerjakan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik. Jadi, jika

siswa sudah mengerjakan tugas dan kewajibannya dengan baik layak

untuk dirayakan lewat: bertepuk tangan, jentik jari, atau bernyanyi

bersama-sama, atau secara bersama-sama mengucapkan:”AKU

BERHASIL!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s