Pemerintah Belum Siap PLH Dijadikan Mulok

Posted: 8 Februari 2008 in 1

Galamedia 8 Pebruari 2008

RADJIMAN, (GM).-
Pemerintah belum siap jika mata pelajaran lingkungan hidup (PLH) dijadikan muatan lokal (mulok) bagi sekolah berbagai tingkatan. Sebab hampir dua tahun lingkungan hidup jadi mulok, kalangan guru masih kebingungan dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut kepada para siswanya.

“Sepertinya pemerintah terlalu terburu-buru lingkungan hidup dijadikan mata pelajaran, termasuk mulok di sekolah-sekolah, karena tidak dibarengi kesiapan guru yang mengajarkan lingkungan hidup di sekolah,” ungkap Direktur Eksekutif Daerah Walhi Jabar, Denny Jasmara kepada wartawan di sela-sela bedah buku Bersahabat dengan Ancaman bagi siswa SD di Aula Subdis Pendidikan Luar Biasa (PLB) Dinas Pendidikan Jabar, Rabu (6/2).

Denny menyebutkan, para guru yang mengajarkan PLH di sekolah, rata-rata tidak tahu atau paham tentang pelajaran yang dibawakannya. Selama hampir dua tahun ini, ujar Denny, pelajaran lingkungan yang diperoleh kalangan siswa hanya sebatas kebersihan sekolah dan penghijauan di lingkungan.

“Sedangkan pelajaran lingkungan hidup lainnya, termasuk masalah bencana alam, kalangan siswa tidak mengetahuinya karena tidak diajarkan oleh para gurunya di sekolah,” ujarnya lagi.

Karena itu, Denny menyebutkan, seharusnya PLH diintegrasikan ke mata pelajaran lain, seperti IPA, bahasa Indonesia, agama maupun mata pelajaran lainnya. Hal ini dikarenakan, tidak adanya guru yang menguasai dan paham tentang PLH. Selain itu, pemerintah pun harus menyempurnakan kembali alat ajar, termasuk buku pelajarannya.

Ia meminta, kurikulum PLH diperbaiki dan ditambah dengan kejadian-kejadian yang aktual. “Yang ada saat ini, materi pelajarannya sudah tidak aktual lagi,” tambahnya. (B.81)**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s