Jawa Barat Siap Menggelar UN Tahun 2007/2008

Posted: 12 November 2007 in 1

Galamedia 12/11/2007


RADJIMAN, (GM).-
Ujian nasional SMP/MTs/ SMPLB,SMA/ MA/ SMALB, dan SMK tahun pelajaran 2007/ 2008 siap digelar. Hal itu sesuai dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 33 Tahun 2007 tentang pelaksanaan UN tahun pelajaran 2007/2008.

“Dengan dikeluarkannya Permendiknas tersebut, setiap provinsi, termasuk Jawa Barat wajib menyelenggarakan UN,” ungkap Kasubdis Pendidikan Menengah Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Jabar, Drs. Syarif Hidayat, M.Pd. kepada wartawan yang ditemui di ruang kerjanya, Jln. Dr. Radjiman Bandung, Kamis (8/11).

Dalam Permendiknas tersebut, jelas Syarif, UN untuk SMA, MA, dan SMK mata pelajaran yang diujikan menjadi enam (6) mata pelajaran. Sedangkan penambahan mata pelajaran yang diujikan sesuai program jurusan. Sementara untuk tingkat SMP, jumlah mata pelajaran yang diujikan menjadi empat, yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan IPA.

Enam mata pelajaran untuk SMA/MA IPA, yakni bahasa Indonesia, Inggris, matematika, fisika, kimia, dan biologi; SMA/MA IPS yakni bahasa Indonesia, Inggris, matematika, ekonomi, sosiologi, dan geografi. Sedngkan MA keagamaan, yakni bahasa Indonesia, Inggris, matematika, ilmu tafsir, ilmu hadis, dan tasawuf/ilmu kalam. “Khusus untuk SMK hanya ditambah dengan ujian kompetensi keahlian kejuruan,” tambah Syarif.

Selain bertambah mata pelajaran yang diujikan, lanjutnya, standar nilai kelulusan pun bertambah 0,25 dari tahun 2006/2007 minimal menjadi 5,25. Tahun lalu, katanya, standar nilai lulusan hanya 5,00.

“Walaupun demikian, pemerintah memberikan kelonggaran kepada siswa, yakni bisa ada nilai 4,00, yang penting nilai lima mata pelajaran lainnya harus minimal 6,00,” tambahnya.

Sementara untuk SMK, tambahnya, nilai kompetensi keahlian kejuruan minimal harus 7,00 dan bisa digunakan untuk menghitung rata-rata UN. Syarif menambahkan, pemerintah daerah dan satuan pendidikan dapat menentukan batas kelulusan di atas nilai yang ditetapkan pemerintah.

“Dengan naiknya standar kelulusan, memang dirasakan akan berat bagi siswa maupun para guru. Namun dinaikkannya standar nilai tersebut, semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita,” paparnya.

Pelaksanaan UN utama untuk SMA/MA/SMK/SMALB, ungkap Syarif, akan dilaksanakan pada minggu keempat April 2008 dan UN susulan dilaksanakan satu minggu setelah UN utama. Sementara UN utama untuk SMP/MTs/SMPLB dilaksanakan awal Mei 2008 dan UN susulan dilaksanakan satu minggu setelah UN utama. (B.81)**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s